Minggu, 29 Januari 2012

Menengok Situs Megalith Gunung Padang


Setelah sekian lama akhirnya saya bisa lagi mengunjungi situs gunung padang, ini di karenakan kami dari Mapala Arga Wilis, mendapatkan undangan langsung dari Dewan Kesenian Cianjur untuk datang langsung pada acara Ritus Budaya Gunung Padang, Situs ini berada di daerah Karya Mukti, Cianjur. Berada diantara pegunungan Teh dan juga gunung hutan.

Situs ini merupakan situs Megalitikum terbesar di Dunia, karena situs ini sudah hampir menyerupai Istana kerajaan. yang unik di sana adalah tumpukan2 batu yang berbentuk lonjong dan hexagonal, serta beberapa batu yang bisa berbunyi seperti alat musik gamelan, dan juga beberapa artefak yang masing2 berbentuk kujang dan cakar harimau.



Akses menuju situs ini lumayan berat, apalagi setelah mendekati lokasi, jalanan aspal akan di gantikan dengan jalanan bebatuan yang licin dan berlumpur di saat musim hujan. alhamdulillah acara kami di sana sukses. kami melakukan penanaman pohon lokal massal bersama Forum Masyarakat Peduli Gunung Padang, PAL, Montana, dan beberapa tim dari DKC.

Ada sedikit kecelakaan ketika acara berlangsung, entah mengapa ada salah seorang dari kru PDI P yang terjepit batu dan jarinya hampir putus, dan saat itu saya sedang merekam pemandangan dan tak sengaja saya merekam kejadian itu di handycam yang saya pegang. harus kawan2 ketahui bahwa Gunung Padang menurut pandangan masyarakat setempat merupakan tempat keramat, tempat masyarakat bertawassul mnyendiri mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dan yang tidak bisa saya terima, mengapa momen seperti ini di salahgunakan untuk kampanye partai??? akhirnya terima sendiri akibatnya...

Semoga postingan ini dapat memberi pesan kepada kita semua, amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar