Jumat, 12 November 2010

Biografi Sam Shepard

    Samuel Shepard Rogers lahir 5 november 1943 di barak serdadu Fort Sheridan, Illinois. dari seorang ayah bernama Samuel Shepard dan ibu Jane Rogers. Pada tahun-tahun awal Sam, anak tertua dari tiga bersaudara, menjalani kehidupan yang hidup nomaden pada beberapa pangkalan militer. Ayahnya adalah seorang perwira tentara dan mantan pembom Angkatan Udara selama Perang Dunia II, sementara ibunya adalah seorang guru.
     Keluarganya selalu berpindah-pindah tempat; South Dakota, Guam, Philipina dan akhirnya menetap di Guarte, daerah pertanian di sebelah timur Los Angeles.
Mereka bertani, menanam alpukat dan beternak biri-biri. Setelah menamatkan sekolah lanjutan atas tahun 1961, ia belajar bertani pada Sam Antonio Junior College.
    Setelah tiga semester di college, Shepard di hadapkan pada dua pilihan, bekerja mengurus peternakan domba, atau keliling di gereja-gereja sebagai aktor pada sebuah grup sandiwara keliling Bishop's Company. Karena itu alasan pribadi ia ingin meninggalkan Duarte, maka ia memilih yang terakhir. Setelah beberapa bulan group itu membawa ia sampai ke New York. Iapun bermaksud untuk mengadu nasib sebagai aktor belantara urban Manhattan Avenue C. pada Charles Mingus Jr. teman ketika ia sekolah menengah atas. ketika itu tahun 1963, dan shepard berusia 20 tahun, anak pemusik legendaris itu menolongnya untuk bekerja sebagai pengirim meja Village Gate. di samping pekerjaan musiman lain sebagai pemotong bulu domba, tukang derek mobil, tukang ternak, petani dan aktor.
   Tonggak penting dalam karirnya terjadi ketika ia masuk sebagai "Seri penulis naskah drama" da Cherry Lane Theatre pada bulan februari 1965. tiga naskahnya: Chicago, Icarus monther dan Red Cross memenangkan hadiah Abie Award untuk off-off Broadway pada tahun 1966. Pada tahun itu juga sebuah naskahnya di pentaskan di universitas Minnesota, kemudian di ikuti pula di Universitas Princeton dan Universitas Yale.

patti smith and sam shepard

   Pada tahun 1967, Shepard mendapat dana dari yayasan Rockefeller dan pada tahun itu pula ia mendirikan sebuah group Rock "Holy Modal Bounders", dan bermain sebagai drummer. Saat itu obat bius dan jazz berpengaruh terhadap tulisannya."....Ketika itu aku mengidentifikasikan diriku dengan jazz, dan memegang tulisan itu seperti improvisasi jazz...."
   Sam Shepard adlah penulis amerika yang paling kontroversial, karyanya di sebut oleh para kritikus sebagai "cerita epik tentang kekejaman amerika". Latar amerika, suasana yang suram dan surrealistis menandai karya-karya Shepard. Tokoh-tokohnya sangat menjelaskan Amerika, bintang Rock n Roll yang memudar, agen dan penulis-penulis skenario hollywood, monster-monster sci-fi, unsur budaya pop terdapat jelas pada karya-karyanya, film-film, melodrama, novel-novel detektif, kriminologi dan revolusi. Shepard memadukan unsur satir dan ketegangan menjadi teater yang bersifat komedi dan mengancam penonton sekaligus. Karyanya menyembuskan misteri dan teka-teki.
   Charlie (panggilan Sam Shepard) sangat suka pertanian dan ia juga beternak. Sam Shepard pernah mengatakan "Pudarnya masyarakat pertanian sangat berpengaruh besar padaku, dan kini mereka menyaksikan diri tersesat oleh gurita perkotaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar