Jumat, 12 November 2010

Sinopsis Marat/Sade

         Marat/Sade (1963) sebuah drama karya Peter Weiss yang ceritanya berlatar tahun 1808, dimana direktur rumah sakit jiwa Charenton menginginkan adanya suatu proses terapi terhadap para pasien dengan media pertunjukan drama. terpilihlah Monsieur Marquis de Sade salah seorang penghuni rumah sakit jiwa,
yang juga seorang penulis handal yang kemudian di percaya untuk menyutradarai pertunjukan tersebut. Aktor-aktor terdiri dari pasien-pasien rumah sakit jiwa, drama yang diangkat  oleh sade berkisah tentang pembunuhan revolusioner Perancis Jean Paul Marat yang terbunuh di dalam bak mandinya pada tahun 1793.
   












   Perdebatan Filosofis mengenai revolusi pun terjadi antara Marquis de Sade dengan tokoh Jean Paul Marat perihal revolusi, Marat yang tetap teguh pada keyakinannya terhadap perjuangan revolusi selalu mendapat penentangan dari Sade yang menganut faham individualis, dan pesimistis.
    
     Kritik dan sindiran keras terhadap kaum borjuis menjadi target pertunjukan Sade, Interupsi  di sela-sela pertunjukanpun selalu muncul dari direktur rumah sakit, ketika para pasien mulai tak terkendali.
Para Pasien
 
         Penggalan-penggalan sejarah perancis dan masa-masa revolusi sangat kental pada pertunjukan sade. yang di akhir cerita para pasien tak terkendali dan pertunjukan menjadi Chaos !

Aku dalam Gila


















Lihat Juga:

Biografi Peter Weiss

 

2 komentar:

  1. Hi Ilham.. this is great!!!!! Tapi gimana menulis tentang process kamu sendiri dalam pertunjukan ini dan pendapat dan inspirasi dan konnexi yang kamu bangun terhadap text ini.. Evaluate us - the performers, the actors, the interpretation.......Kerensa

    BalasHapus
  2. yah aku memang ingin posting yang seperti itu, but i still have a fear to write it. i still lay.. but thanks for ur attention, I'm very proud to be proceed with u kerensa !!
    nanti ajak aku berproses teater lagi ya...

    BalasHapus