Jumat, 12 November 2010

Biografi Peter Weiss

Biografi Peter Weiss

       Peter Ulrisch Weiss lahir pada tanggal 8 november 1916 di Nowawes, Hungaria. Ayahnya seorang yahudi dan ibunya kristen. Pada usia tiga tahun ia pindah bersama keluarganya ke Bremen dan selama masa remajanya di habiskan di Berlin, dimana weiss mulai pelatihan untuk berkarir sebagai seniman visual. Pada tahun 1934 ia pindah  bersama keluarganya ke chihlehurtst dekat London, Inggris, dimana ia belajar fotografi di sekolah politehnik fotografi.

       Setelah pendudukan Jerman di Sudetenland pada tahun 1938, keluarganya pindah ke Swedia dan Weiss di pindahkan ke Swiss. Pada tahun 1939, ia kembali pindah ke stockholm Swedia, dimana ia tinggal selama sisa hidupnya ia menjadi warga Swedia pada 1946. Weiss menikah tiga kali dengan Helga Henschen pada tahun 1943, dengan Carlota Dethorey pada tahun 1949 dan dengan Gunilla Palmstierna pada tahun 1964. Dia aktif sebagai anggota Partai Komunis Swedia dan pada tahun 1967 berpartisipasi dengan Bertrand Russel pada pengadilan terhadap perang Vietnam di Stockholm. Pada tahun 1970, Weiss menderita penyakit jantung, dia menulis sedikit setelah itu dan meninggal di Stockholm pada tahun 1982.
Weiss dengan istri ketiganya, Gunilla Palmstierna
      Weiss pemeran seni pertama pada tahun 1936. Drama pertama yang di produksinya adalah Der Turm pada tahun 1950. Pada tahun 1952 ia bergabung dengan Swedia experimental studio film, dimana ia membuat film selama beberapa tahun. Selama periode ini, dia juga mengajar seni lukis di Stockholm Peoples University dan di ilustrasikan oleh kitab Seribu Satu Malam edisi Swedia. Sampai awal 1960-an weiss juga menulis prosa. Karyanya terdiri dari novel pendek dan intens dengan kafkaesque rincian dan perasaan seiring dengan otobiografi latar belakang. Salah satu film yang paling terkenal dari film2 Peter Weiss adalah sebuah percobaan satu, The Mirage (1959) dan yang kedua ini sangat jarang di sebutkan adalah sebuah film Weiss yang di arahkan di Paris pada tahun 1960bersama dengan Barbo Booman film dengan judul Play Girl, atau The Flamboyant Sex. Yang terakhir adalah film yang akhir-akhir ini sering dikatakan dalam iklan. yangbahkan dpat mengejutkan diantara film-film pendek karya Weiss, The Studio Doctor Faust (1956) memperlihatkan hubungan yang kuat dari Weiss ke latar belakang budaya Jerman.
      Krya Weiss yang terkenal adalah Marat/Sade (1963) pertama kali di pentaskan di Berlin Barat pada tahun 1964, yang membawa perhatian internasional yang luas. Tahun berikutnya, sutradara terkenal Peter Brook, melancarkan produksi terkenal di New York, dengan mengangkatnya ke dalam sebuah fil, layar lebar. Naskah ini menampilkan kekuatan dalam masyarakat melalui dua tokoh ekstrim yang sangat berbeda menurut historis. Jean Paul Marat pahlawan revolusi prancis dan Marquis De Sade seseorang yang akhirnya melahirkan sebuah istilah sadism. Dalam Marat/Sade, Weiss menggunakan tehnik yang dalam drama itu berbicara tentang bermain di dalam sebuah drama di dalam dramanya sendiri.

Lihat Juga:

Sinopsis Marat/Sade



Tidak ada komentar:

Posting Komentar